United Nations Conference on Trades and Development, Economic Development in Africa, From Adjustment to Poverty Reduction: What is New?

Beberapa tahun belakangan ini, dunia internasional tengah aktif dalam upaya pengurangan angka kemiskinan. Bahkan, isu ini telah menjadi agenda utama di Social Summit di Copenhagen dan di Millenium Summit juga disebutkan bahwa angka kemiskinan akan berada pada level rendah tahun 2015 kelak.

Poverty reduction strategy papers (PRSPs) adalah dokumen penting dalam menentukan strategi untuk disiapkan oleh negara berkembang, pemangku kepentingan, dan masyarakat miskin itu sendiri.

Focus utama dari institusi Bretton Woods dalam mengurangi kemiskinan dalam program rancangannya telah mendapat dukungan dari komunitas internasional. Langkah penting dalam mengembangkan rancangan dan implementasi kebijakan─yaitu mempertemukan semua elemen─dibutuhkan untuk mempercepat pembangunan dan pemberantasan kemiskinan. Laporan ini berusaha mengindentifikasi gambaran utama dalam strategi baru ini untuk dibandingkan dengan pendekatan sampai saat ini diusahakan di bawah program rancangan structural.

Focus baru dalam permasalahan kemiskinan dan permasalahan sosial tidak mengganti strategi pembangunan yang diimplementasikan di bawah program rancangan structural, akan tetapi melengkapinya; menjadi premis dasar liberalisasi, keterbukaan yang lebih besar dan cepat, serta integrasi yang dekat dengan dunia ekonomi sebagai kunci pertumbuhan. Pertumbuhan ekonomi tidak langsung menetes pada kaum miskin. Hal ini menjadi hal yang lumrah. Namun, dibutuhkan institusi dan mekanisme yang pasti untuk memastikan kaum miskin memperoleh manfaat di bidang kesehatan dan pendidikan.

Program stabilisasi makroekonomi menuju kestabilan keuangan serta keseimbangan pembayaran dan fiscal harus dijalankan bersamaan dengan jaring keamanan sosial serta mentargetkan pembelanjaan sosial dengan tujuan melindungi kaum miskin dari pengaruh penurunan aktifitas ekonomi yang bisa berdampak pada penurunan pendapatan.

Kebijakan domestic memang menjadi factor utama dalam memerangi kemiskinan, namun konstruksi dan dukungan internasional bagaimana mereka masih tergantung pada impor serta bantuan luar negeri untuk pembangunan dalam negerinya. Keberhasilan pendekatan ini bergantung pada bagaimana memindahkan keseimbangan pembayaran dan keuntungan sumber daya alam ke dalam akumulasi kapital.

Sehingga, pinjaman mulitilateral dan bantuan hutang sangat dibutuhkan oleh negara miskin untuk memberantas kemiskinan dalam negaranya. Hal ini termasuk dalam inti institusi Bretton Woods.

Untuk Poverty reduction strategy papers (PRSPs), sistem baru telah dirancang seperti:

  • Partisipasi dan kepemilikan negara
  • Aspirasi kaum miskin
  • Pengondisian dan pengurangan kemiskinan

Diharapkan setelah menerapkan sistem ini, Afrika akan keluar dari kungkungan kemiskinan yang selama ini melingkupi hampir semua luas wilayah benua tersebut. Pada akhirnya penerapan sistem demokrasi dan keterbukaan terhadap bantuan internasional menjadi jalan utama dalam pemberantasakan kemiskinan karena negara sudah tidak mampu lagi mengatasinya dan membutuhkan bantuan asing dalam memecahkan permasalahan kemiskinan ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s