Jennifer And Cecilia: Two Girls of Different Life (United States and Latin America)

Kisah dua gadis ini ada dalam buku bacaan mengenai Amerika Latin yang saya baca. Unfortunately, saya lupa judul bukunya. Tapi, mari kita membaca bagaimana perbedaan antara kehidupan dua gadis itu di masa yang sama namun di negara berbeda dengan kondisi perekonomian yang berbeda, status sosial yang berbeda karena latar belakang pendidikan yang sekali lagi merupakan bentukan dari faktor ekonomi serta stabilitas politik yang sama sekali berbeda.

Berdasarkan cerita yang saya baca, keduanya hidup dengan kondisi yang berbeda. Jennifer dengan kehidupan yang lebih baik dari Cecilia. Pertama kondisi ekonomi keluarga keduanya lumayan berbeda ditambah kondisi perekonomian Negara mereka yang juga sangat berbeda. Perbedaan antara keuangan AS dan Peru menjadi factor yang ternyata berpengaruh terhadap keduanya. System ekonomi yang menunjang pendidikan di masing-masing Negara menjadikan keduanya memiliki kehidupan yang berbeda. Dengan bantuan pinjaman siswa dan ketersediaan lapangan kerja part-time, Jennifer akan mampu menempuh pendidikan yang cukup matang dan mendukungnya kelak dalam pekerjaan yang lebih baik.

Sedangkan Cecilia yang hidup di Negara yang rawan konflik perebutan kekuasaan menjadi contoh kehidupan yang keras dimana ia harus rela putus sekolah demi menyambung hidup di Negara yang sedang mengalami inflasi berkepanjangan. Pada akhirnya, tanpa pendidikan yang memadai tentu pekerjaan yang didapatkannya juga bukanlah karir yang bisa dibanggakan dan menghasilkan uang yang banyak. Cecilia harus puas menumpang bus tiap hari. Ditambah dengan kekacauan akibat adanya intervensi militer dalam negeri yang kian menambah situasi keamanan yang rentan akan konflik vertical.

Latar belakang politik antara Jennifer dan Cecilia memperlihatkan bahwa apa yang dilakukan Negara sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kehidupan rakyatnya. Kontras yang dilihat dalam naskah ini menyebutkan bahwa kondisi politik suatu Negara telah memberi dampak nyata bagi kedua perempuan ini. Dengan kondisi awal yang memang hampir sama, namun kehidupan mereka selanjutnya menjadi sangat berbeda setelah mereka menjadi bagian dalam politik kenegaraan mereka masing-masing.

Di Amerika Serikat, dua partai besar telah mendominasi perpolitikan sejak pertengahan abad ke-19 sedangkan di Peru, partai besar telah kehilangan kekuasaannya di tahun 1990-an dan digantikan dengan partai pergerakan social. Banyaknya kediktatoran yang berkembang dan paham kekirian menjadi alasan para aktivis pergerakan social untuk unjuk gigi di Negara Latin ini. Sehingga, banyak ditemukan perebutan dan penggulingan kekuasaan dengan militer (gerilya) di Peru dan berbeda dengan kondisi politik yang sedang berlangsung di AS pada saat yang sama itu. Ketika orang-orang di AS dan Peru berbagi pengalaman dan kepercayaan, dinamika politik antara kedua Negara dari tahun ke tahun semakin berbeda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s